Ide bisnis teh beras merah dan cara membuatnya

Posted by ReTRo

Jakarta - Siapa bilang beras hanya bisa diolah menjadi makanan pokok alias nasi? Ternyata beras juga bisa diolah menjadi minuman teh yang tak hanya segar rasanya tetapi juga kaya manfaat bagi kesehatan, termasuk pencegah kanker. Seperti apa sih teh beras alias rice tea ini?


Mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaaanrice tea. Seperti namanya 'rice tea', minuman teh ini memang dibuat dari beras tepatnya beras lokal pecah kulit organik. Apa itu beras pecah kulit? Dalam pengertian sehari-hari yang dimaksud beras adalah gabah yang bagian kulitnya sudah dibuang dengan cara digiling dan disosoh menggunakan alat penggiling dan penyosoh. Nah, beras pecah kulit sendiri yaitu gabah yang hanya bagian kulit luarnya saja yang terkelupas.

Membuat teh ini sendiri tak sulit. Beberapa jenis beras yang dipakai untuk membuat teh ini adalah beras organik, beras merah, dan beras hitam. Selain menggunakan beras PK, cukup ditambahkan air dan gula sehingga rasanya sedikit manis. Bagi mereka yang mengkonsumsinya pun tak perlu khawatir, karena selain bahan-bahan diatas rice tea ini bebas dari bahan pengawet dan pewarna buatan.

Warna-warni rice tea sudah tercipta karena beras pecah kulit organik ini mengandung serat kulit ari/bekatul yang mengandung antosianin. Zat antosianin inilah yang merupakan sumber pigmen warna merah atau ungu yang terdapat pada beras. Sehingga warna teh ada yang tampak cokelat keputihan, merah dan ada yang nyaris ungu kehitaman.

Khasiat rice tea pun tak perlu diragukan lagi. Diantara kedua teh lainnya teh beras merah memiliki kandungan protein yang paling tinggi. Rice tea juga bisa bermanfaat banyak bagi kesehatan diantaranya seperti sumber antioksidan, pencegah kanker, dan menghambat penggumpalan sel-sel darah.

Tertarik untuk mencicipi rice tea ini? Sayang rice tea belum begitu banyak beredar di pasaran Indonesia. Di Jakarta rice tea bisa dijumpai dengan merk Sweet Purple yang juga menjual aneka produk organik dan ubi ungu.
Sumber : http://www.detikfood.com/

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment