Sosialisasi desa pemicuan STBM

Posted by ReTRo

Kragan-Setelah 2 desa di Kecamatan Kragan, yakni desa Woro dan desa Sumur Tawang, merndapat predikat desa bebas buang air besar (BAB) di sembarang tempat, kini giliran desa Plawangan mendapat sosialisasi tentang pemicuan sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dari tim STBM Kecamatan Kragan.


Kasi Kesra Kecamatan Kragan Nur rochim Efendi menjelaskan, Tata kelola lingkungan di desa perlu di lakukan agar lingkungan di sekitar desa bisa terbebas dari BAB di sembarang tempat. Untuk itu melalui sosialisasi Program Sanitasi Total Berbasisi Masyarakat (STBM), warga bisa mengetahui dengan baik dan benar tentang arti pentingnya kebersihan lingkungan.


Agar capaian desa bebas dari BAB bisa terwujud harus di mulai dari diri sendiri,misalnya cuci tangan sebelum melakukan aktifitas, buang air besar jangan di sembarang tempat, pembuatan jamban dan pemakaian air bersih secara teratur.


Terpisah Kepala Desa Plawangan Asnadi menjelaskan, akan terus mensosialisasikan STBM kepada wargannya baik melalui musyawarah desa, pengajian maupun tahlilan. Selain itu akan mendorong warganya untuk membuat jamban, agar desa plawangan masuk dalam kategori desa bebas buang air besar di sembarang tempat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment