Ternak Kambing Pedaging

Posted by ReTRo

Ternak kambing pedaging cukup menjanjikan, dimana harga daging kambing yang relatif stabil dan pangsa pasar yang luas menjadikan ternak kambing pedaging ini layak anda coba.


Untuk memulai bisnis ternak kambing ini diperlukan lahan yang memadai untuk kandang dan area rumput pakan. Sebaiknya dilokasi yang mempunyai pasokan rumput yang cukup seperti di pedesaan, pinggiran sungai ataupun di perkebunan yang memudahkan kita mencari rumput disana. Kendala utama ternak kambing adalah pasokan rumput yang minim, karena khususnya di pulau Jawa area padang rumput yang bisa bebas untuk mengambil rumput sangat terbatas.

Pemilihan bibit bisa dilakukan dengan membeli kambing yang sehat dengan jenis sesuai yang anda sukai. Di negara kita banyak terdapat kambing kacang yakni kambing yang berukuran lebih kecil tetapi memilki daya tahan dan produktivitas yang cukup tinggi. Untuk awal anda bisa memulai beternak kambing kacang ini, selain harga bibitnya murah perawatannyapun cukup mudah.

Anda tinggal memperhatikan pola makan serta kebersihan kandang. Usahakan agar ventilasi udara di kandang terjaga, sehingga tidak tumbuh jamur karena lembab di area kandang. Pada umur enam bulan telah dewasa kelamin dan beranak pertama pada umur 12 bulan tergantung pada pemeliharaannya. Pertambahan bobot badan harian sekitar 20-30 gram, tetapi kalau di rawat lebih intensif maka akan menghasilkan pertambahan bobot harian sebesar 50-150 gram. Faktor makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kambing.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment