JERUK

Posted by ReTRo

Buah yang rasanya asam, manis segar. bisa di makan langsung atau dibuat minuman. Bentuknya bulat ada yang berwarna hijau , ada yang kuning dan ada yang berwarna oranye, buah apa namanya ?? pasti tidak asing bagi kita karena ada di mana-mana. Ya.. buah jeruk.
Soal rasa pasti semua jeruk hampir sama tapi secara bentuk fisik tentu ada perbedaannya. Ayo kita mengenali macam-macam jeruk di sekitar kita.

1. JERUK SUNKIST

Jeruk Sunkist banyak khasiatnya, tapi jeruk ini memang berbeda dengan jeruk lainnya, kulitnya tebal dan sulit untuk memakannya. Harus dipotong dibelah dengan pisau keudian disajikan dalam bentuk irisan. Jeruk ini lebih sering diperas airnya atau di jus.



2. JERUK MANDARIN.


Bentuk mirip jeruk sunkist hanya jeruk mandarin lebih kecil dan berkulit tipis, mudah dikupas, buahnya bertekstur lembek rasanya manis berair .





3. JERUK SHANTANG.


Jeruk shantang buahnya kecil, rasanya manis, nyaris tanpa biji. Mudah sekali memakannya, sekali kupas langsung "leb". Jeruk ini lebih disukai anak-anak. Jeruk shantang selalu ada saat perayaan tahun baru imlek.





4. JERUK GRAPE FRUIT.

Jeruk jenis ini mungkin kurang populer di Indoneisa. Buahnya mirip buah jeruk pada umumnya hanya pada bagian dalamnya. Bulir jeruk grapefruit warnanya bermacam-macam ada yang kuning, oranye hingga ungu tua seperti buah anggur.
jeruk grapefruit biasanya dipakai untuk program diet penurunan berat badan




5. JERUK KUMQUATS.


Bentuk buahnya mirip jeruk tapi berukuran kecil dan agak lonjong. Meskipun jeruk kumquat bisa langsung di makan mentah, tapi jeruk ini lebih sering diolah menjadi selai dan jelly, juga bisa ditambahkan pada minuman teh (Taiwan)




6. JERUK NIPIS.

Jeruk nipis atau jeruk pecel (Jawa) sering di pakai dalam kehidupan sehari-hari. bisa dipakai untuk menghilangkan bau amis pada olahan ikan. Juga dipakai sebegai pelengkap pada penyajian masakan soto misalnya. Juga sering dipakai sebagai bahan tambahan membuat ramuan jamu.




7. JERUK LEMON / SITRUN.


Lemon mengandung banyak zat, khususnya asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin dan limonin yang berefek pada kekebalan tubuh dan antiinfeksi.







Berikut beberapa manfaat alami lemon

- Meredakan Demam
Saat flu, badan menggigil karena demam, lemon dapat meringankan gejala-gejala tersebut. Buat jus dari satu buah jeruk lemon dicampur dengan secangkir air panas dan madu. Minum segera setelah dibuat, ulangi setiap dua jam hingga demam mereda.

- Mengobati Sariawan
Lemon terkenal sebagai antibakteri dan antivirus yang mempercepat proses penyembuhan sariawan. Campurkan jus lemon segar dengan segelas air hangat dan pakai berkumur tiga kali sehari. Pemakaian pertama menimbulkan sensasi terbakar saat jus lemon mengenai sariawan. Dengan pemakaian teratur, rasa terbakar akan hilang dengan sendirinya.

- Menghilangkan Jerawat
Lemon mengandung asam sitrat yang efektif mengobati jerawat. Vitamin C dalam buah jeruk lemon membuat kulit bercahaya dan sifat alkalinya dapat membunuh beberapa jenis bakteri penyebab jerawat. Selain minum air perasan lemon di pagi hari, lakukan perawatan wajah dengan jeruk lemon sebagai berikut.

1. Oleskan jus lemon segar pada jerawat dengan jari bersih atau bola kapas, biarkan semalaman. Cucilah wajah dengan air keesokan paginya. Pada awalnya mungkin ada sedikit rasa terbakar dan tidak nyaman di kulit, tetapi akan segera hilang.

2. Campurkan masing-masing satu bagian perasan lemon segar dengan air mawar atau madu. Taruh campuran di daerah berjerawat selama setengah jam, lalu cuci bersih. Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore.

- Memberi Efek Menenangkan

Penelitian menunjukkan bahwa lemon dapat menenangkan dan membantu menghilangkan rasa letih, lelah, pusing, cemas, gugup, dan ketegangan. Menghirup aroma minyak lemon efektif meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Sebaiknya gunakan aroma lemon sebagai penyegar ruangan di kantor untuk meningkatkan efisiensi kerja. Percikkan beberapa tetes minyak esensial lemon pada saputangan lalu hirup bila Anda merasa tegang.

- Mengobati Kulit Kapalan

Kulit lemon efektif menghilangkan kapalan di tangan. Letakkan seiris jeruk lemon setebal 5 mm ke tangan yang kapalan lalu gosok-gosokkan pada permukaan kulit, kemudian balut semalaman. Mengusap daerah kapalan dengan minyak esensial lemon, bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Dianjurkan agar berhati-hati menggunakan minyak murni di daerah kapalan dengan bola kapas atau Q-tip, karena terlalu kuat.


8. JERUK PURUT.

Jeruk purut atau jeruk kingkit (Jawa) biasanya dipakai untuk membuat sambal dan masakan lainnya sedangkan daun jeruk purut biasanya dipakai sebegai pelengkap bumbu masakan. ada juga yang dipotong halus untuk menambah cita rasa masakan pada bumbu pecel dan rempeyek .




8. JERUK POMELO.

Jeruk Pomelo atau lebih dikenal dengan Jeruk bali (meskipun tidak ada kaitannya dengan bali) memiliki daging buah berwarna putih hingga merah . Jumlah biji umumnya sedikit, bahkan kadang tanpa biji. Daging buahnya banyak mengandung air, sehingga dapat dimakan langsung setelah dikupas. Bisa juga dinikmati sebagai salah satu komponen rujak dan bahan salad buah.



9. JERUK BALI MADU.



Sama sama jeruk bali tapi Jeruk bali madu yang dikembangkan di kota pati jawa tengah ini tanpa biji dan rasanya lebih manis dari jeruk bali biasa.




10. JERUK NAMBANGAN.


Bentuk buahnya sama sepeti jeruk bali hanya yang membedakan kulit buahnya lebih tebal. Dinamakan Jeruk nambangan karena berasal dari Nambangan, madiun jawa timur




Kandungan Jeruk Pomelo/jeruk bali.

- Jeruk bali mengandung likopen, bila digabungkan dengan betakaroten (pro vitamin A),maka likopen akan berperan sebagai antioksidan.

- Jeruk bali mengandung Pektin lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk lainnya. Pektin ini dapat menurunkan kolesterol sehingga mencegah resiko penyakit jantung.

- Jeruk bali mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah dan menormalkan hamatokrit. Rendahnya hematokrit akan menyebabkan anemia sedangkan jika hematikritnya sangat tinggi dapat memicu penyakit jantung karena darah jadi mengental.

- Jeruk bali merupakan sumber kalium, Vitamin A, biovlavonoid dan likopen. Hasil penelitian, jeruk bali termasuk antikanker sekaligus menyehatkan prostat. Sementara kandungan vitamin C nya sangat baik senagai sumber antioksidan. Perokok dianjurkan sekali mengkonsumsi jeruk bali, karena peningkatan kadar vitamin C di dalam darah mampu memperbaiki jaringan yang rusak akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.

Jeruk bali tidak hanya di makan daging buahnya, tetapi kulit buah bagian dalam yang berwarna putih juga bisa diolah menjadi manisan, sedangkan kulit luar yang berwarna hijau dibuang karena mengandung kelenjar minyak tetapi bisa juga di pakai membuat mainan tradisional untuk anak-anak misalnya mobil-mobilan.



Masih banyak lagi macam macam buah jeruk lainnya. Dibawah ini ada gambar macam macam jeruk keprok dan tampak mirip sekali yang membedakan adalah daerah asalnya.


JERUK KEPROK SOE (NTT)








JERUK KEPROK MADURA







JERUK KEPROK BRASTAGI








JERUK KEPROK TAWANGMANGU








JERUK KEPROK GARUT







JERUK KEPROK BATU 55








JERUK KEPROK GRABAG








JERUK KEPROK KACANG








JERUK KEPROK TEJOKULO







JERUK KEPROK KEROTAN







JERUK KEPROK PONTIANAK







JERUK KEPROK SIAM







JERUK KEPROK PUNTEN








Manfaat Buah jeruk :

- Menghindari radikal bebas

Vitamin C dalam peranannya sebagai anti-oksidan, selain melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas, juga memperkuat sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit dapat lebih cepat memperbaiki jaringan yang rusak karena pengaruh radikal bebas tersebut. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga elastisitas kulit pun terjaga. Proses ini disebut dengan proses regenarasi kulit.

- Menghaluskan kulit

Anda merasa terganggu dengan kulit yang kasar mengeras dan berwarna kehitaman? Buah lemon atau jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah ini. Gosoklah bagian yang mengeras dengan batu apung atau scrub. Kemudian, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras. Sesudahnya gunakan pelembab. Lakukan hal ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

- Menghilangkan kulit mati dan jerawat

Kandungan asam yang terdapat pada vitamin C juga mampu menipiskan tumpukan kulit mati yang menimbun kulit. Dengan menipisnya kulit mati ini, penyumbatan pori-pori juga berkurang. Hal ini terutama baik untuk jenis kulit berminyak/berjerawat.

- Membangkitkan semangat

Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat. Mandilah dengan menggunakan sabun maupun shower gel beraroma jeruk. Aroma lime, atau jeruk nipis, misalnya, sangat baik untuk membangkitkan semangat.

Sebaliknya, jika Anda merasa lelah seusai beraktivitas sehari penuh, wewangian jeruk dapat membantu Anda menenangkan dan menyamankan tubuh. Cobalah berendam dengan air mandi yang ditetesi minyak esensial sitrun. Berendamlah dan hirup aromanya yang menenangkan tersebut.

- Mengatasi kaki bengkak

Potongan jeruk, terutama jeruk sitrun maupun lemon, dapat membantu Anda mengatasi masalah kaki membengkak, terutama jika terlalu lelah. Bersihkan dan seka kaki hingga bersih, lalu rendam dalam air hangat yang ditetesi Citrus oil maupun Lemon oil. Bisa juga Anda menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.

- Menyejukkan kulit kepala

Di hari yang sangat panas, cobalah cara berikut untuk menyejukkan kepala Anda. Buat campuran tonik rambut dengan sari jeruk nipis atau lemon. Simpan di lemari es sampai terasa sejuk, kemudian gunakan pada kepala dan pijit-pijitkan dengan gerakan memutar. Selain dapat menyejukkan kulit kepala, cara ini juga membantu Anda untuk mengendalikan ketombe.

- Sebagai obat batuk

Cara membuat ramuan : Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya, kemudian dicampur dengan kecap dan madu sama banyaknya. Aduk sampai rata. Minumkan pada penderita sehari sekali satu sendok makan. Apabila untuk anak-anak, tiga kali sehari satu sendok teh.

Atau juga bisa Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Tambahkan minyak kayu putih dan kapur sirih sebanyak perasan. Setelah ketiga bahan tercampur oleskan pada dada, leher dan punggung penderita sakit batuk pilek.

- Sebagai obat demam

Cara membuat ramuan: Jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun papaya dan kencur. Ketiga bahan direbus dengan tiga gelas air. Rebus ramuan hingga tersisa satu gelas dan saring airnya untuk diminum tiga gelas sehari sebanyak setengah gelas.


Sumber informasi : Tipsku.info/manfaat-buah-jeruk/


{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment