cara Menganti Minyak Rem Cakram Motor

Posted by ReTRo



Perawatan mesin speda motor sangatlah penting, terutama komponen-komponen yang merupakan kelengkapan untuk keselamatan berkendara. Rem ini salah satu komponen yang vital karena motor kita berhenti dengan rem kan, jadi penting.  Setiap bulannya rem cakram ini harus diperiksa kondisinya agar rem tetap berfungsi dengan baik.Berikut akan saya berikan cara bagaimana mengganti minyak rem cakram, silahkan dibaca yah clubon sekalian :

1. Persiapkan peralatan-peralatan sbb :
Obeng kembang ukuran sedang – untuk membuka tutup master rem
Gayung yang berisi air secukupnya – tempat air bersih untuk membersihkan minyak rem
Lap yang dicelupkan ke air – untuk membersihkan minyak rem apabila tumpah
Selang kecil transparan – memeriksa udara palsu dari selang rem cakram
Minyak rem Dot3/Dot4

2. Langkah pertama buka master rem dengan obeng kembang

3. Masukkan minyak rem ke dalam master rem secara perlahan-lahan

4. Pasangkan selang pada nipel kaliper rem cakram

5. Pompa handle rem secara kontinyu sampai terasa keras

6. Tahan handle rem lalu buka/kendorkan nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar, lalu keraskan lagi nipelnya

7. Lakukan langkah 5 dan 6 sampai gelembung pada selang sudah hilang dan jarak main handle rem ± 2 – 3 Cm, tambahkan minyak rem apabila kapasitasnya berkurang.

8. Dalam melakukan langkah diatas harus secara perlahan-lahan atau hati-hati, jangan sampai minyak rem mengenai bagian sepeda motor yang terbuat dari bahan plastik yang di cat, karena sebab apabila terkena bahan tersebut, maka akan merusak bahan dan catnya.

9. Apabila terjadi kecelakaan/ minyak rem tumpah, maka dengan segera lap dengan menggunakan kain yang sudah di celupkan ke dalam air, dan bersihkan minyak rem dari permukaan sampai bersih

10. Setelah hasilnya maksimal, tutup kembali master rem dan cek kembali kekerasan baut-baut master rem dan nipel pada kaliper rem.

11. Test kendaraan Anda dan test rem saat mengendarai motor An
Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment